Penyebab Haid Tidak Teratur

Haid tidak teratur dapat terjadi pada setiap wanita. Idealnya rentang waktu siklus haid yang teratur antara 21-35 hari. Dengan siklus yang normal secara fisiologis dapat menggambarkan wanita tersebut cenderung sehat dan tidak memliki masalah. Sistim hormonal yang baik dapat ditunjukkan dengan sel telur yang terus diproduksi dan siklus haid yang teratur. Akan tetapi ralita nya tidak semua wanita memiliki siklus had yang normal, banyak diantaranya yang memiliki sklus haid tidak teratur.

Beberapa penyebab haid tidak teratur diantaranya:

Fungsi Hormon Terganggu

Haid sangat berkaitan dengan sistem hormon yang diatur oleh otak, tepatnya pada kelenjar hipofisa. Cara kinerja dari sistem hormonal ini yaitu dengan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Apabila sistem pengaturan ini terganggu, maka secara otomatis siklus haid pun akan ikut terganggu.

Kelainan Sistemik

Tubuh yang gemuk atau kurus dapat mempengaruhi siklus haid karena sistem metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik. Bagi yang menderita diabetes juga akan mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur.

Stress

Stress ternyata juga dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh, Akibat stress, tubuh menjadi mudah lelah, berat badan turun drastis bahkan hingga sakit-sakitan sehingga akan membuat metabolisme tubuh terganggu. Akibatnya siklus haid pun akan ikut terganggu.

Kelenjar Gondok

Kelenjar gondok atau kelenjar tiroid yang terganggu dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur. Gangguan ini dapat berupa produksi kelenjar gondok terlalu tinggi (hipertiroid) atau produksi kelenjar gondok yang terlalu rendah (hipotiroid). Akibatnya sistem hormonal tubuh akan ikut tergangggu.

Hormon Prolaktin Berlebih

Produksi hormon prolaktin yang cukup tinggi pada ibu menyusui dapat membuat ibu tidak kunjung haid karena hormon ini berfungsi menekan tingkat kesuburan ibu. Jika hal ini terjadi pada ibu yang tidak sedang menyusui biasanya disebabkan oleh kelainan pada kelenjar hipofisis.

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab dari haid tidak teratur, selanjutnya kita akan membahas tentang obat haid tidak teratur yang berbahan tradisional yakni:

1. Ramuan Bunga Kembang Sepatu

Bahan
Siapkan 3 kuntum kembang sepatu
Cara
Kembang sepatu dicuci bersih, kemudian tumbuk hingga halus dan masak menggunakan 1 gelas air. Tambahkan cuka secukupnya tunggu hingga mendidih. Saring, kemudian minum air ramuan 3 kali sehari sebanyak setengah gelas.

2. Ramuan Daun Pepaya

Bahan
Siapkan 2 helai daun pepaya yang segar
Cara
Cuci bersih daun pepaya kemudian rebus menggunakan satu gelas air. Tunggu hingga mendidih kemudian saring.Campurkan dengan asam dan garam secukupnya untuk mengurangi rasa pahit. Selagi hangat minum ramuan tersebut.

3. Ramuan Jeruk Nipis

Bahan
Jeruk nipis secukupnya
Cara
Ambil 3 sendok air jeruk nipis kemudian campurkan dengan air panas dan madu. Minum ramuan ini sehari 3 kali setengah gelas.

4. Ramuan Kunyit

Bahan
Siapkan kunyit secukupnya
Cara
Kupas kulit kunyit hingga bersih, cuci bersih kemudian parut hingga halus. Masak dengan air hingga mendidih kemudian saring kemudian minum.

5. Ramuan Daun Bayam

Bahan
Batang bayam 6 jari dan akarnya 1/7 genggam.
Cara
Ramuan in dapat dicampukan madu kemudian minum.

Bahan-bahan tradisional tersebut dapat digunakan sebagai pelancar haid bagi anda yang memiliki ketidakteraturan haid. Haid yang tidak teratur yang terjadi pada wanita juga dapat disebabkan karena wanita tersebut hamil. Tidak ada salahnya anda melakukan PP test untuk mengetahui apakah anda positif hamil atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Penyebab Haid Tidak Teratur | Linda | 4.5