Penyebab dan Tips Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Menjadi orang tua tentunya pasti akan khawatir jika sang buah hati susah makan. Terutama para ibu, seorang ibu akan selalu mengkhawatirkan soal kecukupan gizi pada buah hatinya. Apalagi jika sang buah hati susah makan dan pilih-pilih makanan. Penyebab anak susah makan karena faktor fisik dan faktor psikis. Penyebab dari faktor fisik biasanya dikarenakan adanya gangguan pada organ pencernaan ataupun terdapat infeksi dalam tubuh anak. Sedangkan penyebab dari faktor psikis antara lain anak dipaksa untuk makan makanan yang tidak ia sukai, suasana makan yang kurang menyenangkan, anak tidak pernah makan bersama dengan orangtua, kondisi rumah tangga yang bermasalah. Selain itu juga dapat disebabkan karena anak kehilangan nafsu makan, sedang tumbuh gigi serta anak dalam keadaan sakit misal batuk dan pilek. Cara mengatasi anak susah makan dapat dilakukan oleh para bunda dengan berbagai cara menyajikan makanan dalam porsi kecil, variasi makanan agar lebih menarik, buat suasana makan menjadi menyenangkan, hindari sikap memaksa dan mengancam dalam membujuk anak, kemudian batasi pemberian minum saat makan.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara mengatasi bayi susah makan juga menjadi masalah bagi para ibu. Saat bayi berumur 6 bulan pada waktu itu bayi mulai mendapatkan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisiya. Hal itu dapat dilakukan dengan cara pemberian bubur susu, sari buah kemudian selanjutnya pemberian makanan yang lebih padat seperti nasi tim. Selain itu cara mengatasi balita susah makan dapat dilakukan dengan cara melibatkan anak saat menyiapkan makanan, mengajari anak perilaku makan yang baik dan makan teratur, batasi anak agar tidak terlalu sering jajan, berikan cemilan yang sehat buat anak.

Cara mengatasi bayi susah makan

Anak usia 1 tahun biasanya sudah mulai tumbuh gigi, serta mulai aktif bermain. Saat anak mulai tumbuh gigi biasanya anak susah untuk makan karena merasakan sakit pada gusinya. Untuk itu cara mengatasi anak susah makan umur 1 tahun dapat dilakukan dengan cara pemberian makanan yang lunak agar tidak berpengaruh pada pertumbuhan giginya, selain itu juga dapat dilakukan dengan cara pemberian makan yang terjadwal dengan variasi menu agar anak tidak bosan.

Solusi anak susah makan

Solusi anak susah makan sudah kita bahas diatas, banyak cara untuk mengatasi anak yang susah makan. Sehingga para ibu tidak perlu khawatir lagi untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu Tips anak susah makan juga dapat dilakukan dengan cara melibatkan ayah saat anak makan. Sehingga anak akan lebih banyak makannya jika kedua orangtua dapat bersama pada waktu si kecil makan. Anak 1 tahun susah makan sangat sering dijumpai, lagi-lagi para ibulah yang harus kreatif dan inovatif dalam pemberian makan sang buah hatinya, dengan variasi makanan yang menarik dalam penyajian makanan maka si kecil tidak akan cepat bosan. Selain itu keperluan nutrisi pada anak untuk pertumbuhannya juga akan terpenuhi. Semoga Artikel Kesehatan ini bermanfaat untuk kesehatan ibu dan anak.

bayi tumbuh gigi susah makan, cara mengatasi bayi susah makan karena tumbuh gigi, cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun, anak 1 tahun susah makan, mengatasi anak susah makan umur 1 tahun, anak tumbuh gigi susah makan, bayi 1 tahun susah makan, mengatasi bayi susah makan saat tumbuh gigi, mengatasi anak susah makan karena tumbuh gigi, anak usia 1 tahun susah makan
Penyebab dan Tips Cara Mengatasi Anak Susah Makan | Linda | 4.5