Obat Tradisional Darah Tinggi dan Penyebab Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi tekanan darah seseorang berada diatas normal. Seseorang dapat dikatakan darah tinggi (hipertensi) apabila hasil pengukuran sistol dan diastol berada diatas kisaran 140/90 mmHg atau lebih secara terus menerus. Menurut WHO seseorang dapat dikatakan memiliki darah tinggi apabila tekanan darahnya sama atau lebih dari 160/95 mmHg. Darah tinggi (hipertensi) merupakan faktor utama penyebab penyakit pembuluh darah seperti stroke, ginjal kronik, gagal jantung, dll.

Obat Tradisional Darah Tinggi

Mengkonsumsi obat-obatan kimia antihipertensi secara terus menerus juga kurang baik bagi kesehatan anda. Karena penggunaan obat dalam jangka panjang kemungkinan akan menimbullkan efek samping. Oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan obat tradisional darah tinggi seperti:
1. Daun Salam
Khasiat: dapat menurunkan darah tinggi dan kolesterol serta dapat menurunkan kadar gula darah.
2. Rumput Laut
Khasiat: dapat menormalkan tekanan darah, mencegah aterosklerosis serta dapat menurunkan kolesterol.
3. Mentimun
Khasiat: mentimun mengandung kadar mineral potasium yang tinggi yang berguna untuk mengurangi tekanan darah tinggi serta dapat mengurangi batu ginjal.
4. Blewah
Khasiat: blewah memiliki khasiat yang sama seperti mentimun yaitu mengurangi tekanan darah tinggi dan mengurangi batu ginjal.
5. Mengkudu
Khasiat: dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol yang tinggi, serta menurunkan kadar gula dalam darah.
6. Temu Hitam
Khasiat: dapat melancarkan sirkulasi dan mencairkan gumpalan darah serta dapat menetralkan racun di dalam tubuh.
7. Bawang Putih
Khasiat: dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan menghancurkan penggumpalan darah.
8. Bawang Bombay
Khasiat: bawang bombay memiliki khasiat sama dengan bawang putih.

Beberapa tanda gejala darah tinggi antara lain:
– Sakit kepala
– Pusing
– Perdarahan dari hidung
– Wajah kemerahan
– Kelelahan

Selain itu juga ada beberapa penyebab darah tinggi yakni:

Usia

Semakin tua usia seseorang maka semakin tinggi pula resiko terkena tekanan darah tinggi. Orang yang lebih tua biasanya lebih beresiko memiliki tekanan sistolik yang tinggi. Hal ini disebabkan karena pengerasan pembuluh darah.

Faktor keturunan (genetik)

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat disebabkan karena faktor keturunan. Jika dalam keluarga anda ada yang menderita darah tinggi maka sebaiknya anda harus lebih berhati-hati dengan pola hidup yang sehat.

Jenis Kelamin

Pria memiliki resiko lebih tinggi menderita penyakit darah tinggi daripada wanita. Namun, bukan berarti wanita juga tidak mungkin terkena darah tinggi. Untuk itu perhatikan pola makan anda.

Obesitas

Obesitas menjadi salah satu penyebab terjadinya darah tinggi. Oleh karena itu upayakan anda memiliki berat tubuh yang ideal untuk mencegah darah tinggi.

Mengkonsumsi Alkohol

Minum alkohol terlalu banyak akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Stress

Stress juga dapat menjadi salah satu alasan mengapa seseorang menderita darah tinggi. Untuk itu hindarilah pemicu stress dan buat diri anda rileks.

Penggunaan Kontrasepsi

Penggunaan pil kontrasepsi akan meningkatkan resiko anda terkena darah tinggi. Oleh karena itu sebelum anda menggunakan pil kontrasepsi sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Mengkonsumsi Obat Terus Menerus

Penggunaan obat flu dan alergi secara terus menerus juga dapat menyebabkan darah tinggi.

Bermalas-malasan

Bermalas-malasan bukan hanya membuat pinggang semakin lebar akan tetapi juga dapat meningkatkan resiko darah tinggi.

Nah, bagi anda yang mempunyai darah tinggi agar lebih berhati-hati dan lebih memperhatikan pola makan anda. Terapkan pola hidup sehat untuk anda dan keluarga anda.

Obat Tradisional Darah Tinggi dan Penyebab Darah Tinggi | Linda | 4.5