Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Aman

Artikel Kesehatan – Sakit gigi pada ibu hamil memang sangat mengganggu, sakit gigi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain kerusakan gigi, gigi sensitif, gingivitis, karang gigi dll. Berbagai macam obat bebas tersedia untuk penyakit gigi ini. Akan tetapi khusus untuk ibu hamil tidak boleh sembarang mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dari dokter apalagi obat-obatan warung, itu sangat tidak dianjurkan bagi ibu yang hamil. Penggunaan obat-obatan bebas selama kehamilan akan berdampak pada janin, untuk itu penggunaan obat-obatan selama kehamilan harus dengan menggunakan resep dokter. Kaum perempuan akan mengalami ketidakseimbangan hormon sebanyak 4 kali selama hidupnya yakni pada masa pubertas, menstruasi, kehamilan dan menopause. Ketidakseimbangan hormon pada kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan diantaranya sakit gigi.

Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

Selain obat-obatan medis, obat sakit gigi untuk ibu hamil juga ada yang terbuat dari bahan-bahan tradisional dan alami. Biasanya tenaga medis akan lebih menganjurkan untuk menggunakan obat-obatan yang tradisional karena penggunaan obat-obatan tradisional lebih aman dan tidak berdampak buruk untuk janin yang dikandungnya. Bukan hanya sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil, obat-obatan dari bahan tradisional juga dapat menjadi obat gusi bengkak untuk ibu hamil. Bahan-bahan ini sangat mudah didapatkan bahkan beberapa biasanya ada di dapur anda.

Berbagai macam jenis pengobatan sakit gigi pada ibu hamil baik menggunakan obat dari dokter atau menggunakan bahan-bahan tradisional. Pengobatan sakit gigi pada ibu hamil dapat anda lakukan dengan cara mengompres dengan air hangat, rajin sikat gigi minimal 2 kali sehari sehabis makan dan sebelum tidur, jangan mencabut gigi dan konsultasi ke dokter. Selain itu juga ada obat tradisional sakit gigi untuk ibu hamil yakni:

1. Bawang putih
Ambil 1 siung barang putih, kupas kulit nya kemudian taburi dengan sedikit garam lalu kunyah pada bagian gigi yang sakit.

2. Air garam
Gunakan air garam hangat untuk berkumur-kumur.

3. Daun sirih
Cuci daun sirih secukupnya, kemudian kunyah pada bagian gigi yang sakit setelah itu berkumurlah menggunakan air hangat.

4. Jeruk nipis
Sediakan 1 jeruk nipis kemudian peras dan ambil airnya, campurkan dengan air secukupnya dan gunakanlah untuk berkumur.

5. Minyak cengkeh
Ambil kapas kemudian berikan minyak cengkeh 2-3 tetes lalu oleskan pada gigi yang sakit.

6. Minyak angin/balsem
Ambil kapas kemudian beri minyak angin atau balsem dan gigit pada gigi yang sakit, apabila keluar air liur maka buanglah karena obat ini tidak untuk ditelan.

Sama halnya pada ibu hamil, ibu menyusui juga tidak boleh sembarang mengkonsumsi obat-obatan. Karena apapun yang dikonsumsi oleh ibu, kandungan dari makanan yang dikonsumsi akan menjadi sari pati dari ASI dan akan berdampak bagi bayi. Untuk itu para ibu menyusui harus benar-benar untuk berhati-hati dalam menggunakan obat. Ibu menyusui juga tidak menutup kemungkinan untuk mengalami gusi bengak. Akan tetapi akan lebih bijak jika ibu menggunakan obat gusi bengkak untuk ibu menyusui yang terbuat dari bahan-bahan tradisional agar lebih aman untuk digunakan.

obat sakit gigi alami, obat sakit gigi untuk ibu hamil, obat sakit gigi ibu hamil, sakit gigi saat hamil, obat sakit gigi buat ibu hamil, obat tradisional sakit gigi untuk ibu hamil, Obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil, obat sakit gigi resep dokter, obat sakit gigi saat hamil, obat tradisional gusi bengkak untuk ibu hamil
Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Aman | Linda | 4.5