Manfaat Tape Ketan Bagi Kesehatan

Manfaat Tape Ketan – Salah satu alasan yang dapat membuat negara Indonesia dicintai oleh masyarakat dalam negeri hingga luar negeri adalah karena keanekaragaman kulinernya. Kuliner nusantara memang terkenal dengan cita rasanya yang khas, sehingga berbeda dengan rasa yang ditawarkan dari santapan kuliner dari negara lain.
Pada umumnya aneka makanan khas Indonesia dibuat dengan cara tradisional karena dianggap dapat menambah cita rasa dan aromanya. Tak hanya mempunyai cita rasa yang nikmat, beberapa makanan khas negara Indonesia juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tape merupakan salah satu jenis makanan yang jika dikonsumsi dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tape merupakan makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi antara karbohidrat dengan ragi. Ada dua jenis tape, yaitu tape singkong dan tape ketan yang dibuat dengan komponen pangan berkabohidrat yang berbeda. Tape singkong terbuat dari hasil fermentasi antara singkong dengan ragi, sedangkan tape ketan terbuat dari hasil fermentasi dari beras ketan dengan ragi.

Gambar Tape Ketan

Kemudian, tape ketan terbagi menjadi 2 jenis sesuai dengan warna beras ketan yang digunakan yaitu tape ketan hitam dan tape ketan putih. Jika memilih membuat tape dengan ketan putih, hasilnya bisa dikreasikan menjadi berbagai macam warna sesuai dengan selera, yaitu cukup memasak beras ketan dengan pewarna makanan.
Tape ketan jarang dijual dipasaran karena biasanya masyarakat Indonesia, khususnya orang Jawa dan Sunda hanya membuatnya untuk disajikan pada acara-acara tertentu saja seperti perayaan pernikahan, perayaan desa dan acara syukuran. Oleh karena itu, jika ingin menikmati tape ketan sebaiknya cobalah membuatnya untuk menambah ilmu di bidang kuliner. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tata cara pembuatan tape ketan sesuai dengan apa yang dianalisir dari situs resepnasional.com.

Cara Membuat Tape Ketan Untuk Kesehatan

  1. Pertama-tama siapkan beberapa bahan yang diperlukan seperti beras ketan, ragi, gula pasir daun pisang dan tusuk gigi dengan jumlah yang disesuaikan.
  2. Cucilah beras ketan hingga bersih dan Rendamlah beras ketan ke dalam air bersih selama 8 jam.
  3. Kemudian, bilas lagi beras ketan yang sudah direndam dengan air bersih dan tiriskan
  4. Rebuslah beras ketan hingga setengah matang dengan cara mengaduk-aduknya agar matangnya merata
  5. Kemudian, pindahkan untuk dikukus hingga matang
  6. Angkat dan tuangkan beras ketan di atas nampan / loyang dengan mendatarkannya agar cepat dingin
  7. Setelah dingin, tambahkan ragi yang sudah ditumbuk dengan halus dan tambahkan gula pasir secukupnya.
  8. Jangan lupa untuk menaburkannya secara merata.
  9. Ambilah ketan secukupnya untuk dibungkus dengan daun pisang dan sematkan menggunakan tusuk gigi [1]
  10. Agar tampilannya terlihat lebih rapi, gunting pisang di bagian atasnya untuk mendapatkan ukuran panjang yang sesuai
  11. Masukkan ke dalam tempat yang tertutup dan diamkan selama beberapa hari (minimal 3 hari)

Yang menentukan keberhasilan pembuatan tape ini adalah proses peragiannya, sehingga disarankan untuk menggunakan ragi dalam jumlah yang pas dan menaburkannya secara merata. Alternatif lain bisa diterapkan dengan mengganti daun pisang dengan wadah plastik, jika dirasa kesulitan untuk mendapatkan daun pisang. Namun, aroma dan rasa yang dihasilkan berbeda dari tape ketan yang dibungkus oleh daun pisang.

Setelah sudah mengetahui cara pembuatannya, rasanya kurang afdol jika belum mengetahui manfaat tape ketan bagi kesehatan tubuh. Untuk melengkapi informasi tersebut akan diberikan ulasan manfaat tape ketan yang diambil dari situs earlly.com. Kandungan asam laktat di dalam tape ketan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya pertumbuhan sel-sel kanker. Di dalam tape ketan terdapat kandungan zat besi tinggi sehingga dapat mengobati dan mencegah penyakit anemia. Tape ketan juga mempunyai kandungan serat tinggi yang dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, di dalam tape ketan juga mempunyai sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan, apabila dikonsumsi secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit. [2]

Tape ketan merupakan makanan yang nikmat untuk dikonsumsi, terlebih lagi dalam keadaan dingin. Namun, jangan terlalu lama menyimpannya di dalam kulkas karena dapat mengubah kandungan nutrisi dan mikroba menjadi jahat sehingga dapat mengganggu kesehatan. Selain tape ketan untuk kesehatan ternyata pengobatan secara tradisional seperi bekam juga dapat membuat badan kita sehat simak artikelnya di Manfaat Bekam untuk Kesehatan.

Referensi :

http://www.resepnasional.com/cara-membuat-tape-ketan-putih-manis/
http://www.earlly.com/manfaat-ketan-hitam-bagi-kesehatan.html

manfaat tape ketan, manfaat tape ketan hitam, manfaat tape, manfaat tape ketan putih, khasiat tape ketan, manfaat air tape ketan, Manfaat air tape, manfaat air tape ketan putih, manfaat makan tape ketan, Kandungan tape ketan
Manfaat Tape Ketan Bagi Kesehatan | toro | 4.5