6 Manfaat Seledri untuk Rambut

Manfaat Seledri untuk Rambut – Orang yang mempunyai hobi memasak tentunya sudah tidak asing lagi dengan seledri. Pasalnya, seledri merupakan salah satu bahan makanan yang digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Biasanya seledri atau daun seledri digunakan untuk bahan penyedap sup, soto, bubur ayam dan bakso. Namun selain dapat digunakan sebagai bahan penyedap masakan, ternyata seledri juga dapat digunakan untuk kesehatan dan kecantikan rambut.

Manfaatnyasehat.com mengungkapkan bahwa di dalam seledri terdapat berbagai kandungan nutrisi berupa minyak atsiri, tanin, flavonoid, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya. Dengan adanya semua kandungan nutrisi tersebut dapat membuat seledri memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Di bidang kesehatan, seledri bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti hipertensi dan penyakit kanker. [1]

Gambar Dauh Seledri

Sementara di bidang kecantikan rambut, seledri dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut seperti rambut rontok, rambut kusam, rambut kering, mengatasi ketombe dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, mari simak informasi tentang beberapa manfaat seledri untuk rambut. Beberapa informasi tentang manfaat seledri untuk rambut ini diambil dari situs pondokibu.com, adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

6 Manfaat Dauh Seledri

  1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut
    Kandungan vitamin E dan minyak atsiri yang terdapat di dalam seledri bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga rambut dapat tubuh dengan subur, lebat dan cepat panjang.
  2. Menghitamkan Rambut
    Jika ingin mempunyai rambut hitam alami, gunakanlah ramuan daun seledri secara teratur karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin dan mineral yang mempunyai kemampuan untuk mengembalikan kilau alami pada rambut sehingga rambut menjadi berwarna hitam alami.
  3. Mengilangkan Ketombe
    Ketombe disebabkan karena endapan kotoran yang ada pada kulit kepala akibat keringat berlebih. Untuk menghilangkan ketombe dapat dilakukan dengan menggunakan ramuan seledri secara teratur.[2]
  4. Mengatasi Rambut Rontok
    Kandungan protein, vitamin dan mineral yang terdapat di dalam seledri dapat digunakan untuk menguatkan rambut hingga ke akarnya. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mengatasi permasalahan rambut rontok.
  5. Menutrisi Rambut
    Kandungan beberapa nutrisi di dalam seledri seperti, protein, mineral, vitamin dan minyak atsiri dapat digunakan untuk menutrisi rambut agar menjadi sehat dan terbebas dari ancaman kerusakan.
  6. Meluruskan Rambut
    Di era 80 hingga 90-an rambut keriting merupakan trend yang sedang hits saat itu, namun berbeda pada saat ini karena rambut lurus merupakan model atau gaya rambut yang banyak dicari. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meluruskan rambut keriting yaitu dengan melakukan rebonding ataupun smoothing. Tetapi kedua cara tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan ramuan seledri untuk meluruskan rambut secara alami.

Cara membuat ramuan seledri cukup mudah untuk dilakukan, yaitu cukup menumbuk / menghaluskan seledri secukupnya. Peraslah dengan menambahkan air, kemudian simpanlah ke dalam botol untuk didiamkan semalaman. Gunakan ramuan atau air seledri tersebut untuk diusapkan pada seluruh bagian rambut termasuk kulit kepala, diamkan sekitar 25 – 30 menit lalu keringkan menggunakan handuk secara perlahan. Sebelum melakukan proses pembuatannya, pastikan bahwa telah menggunakan seledri segar yang sudah dicuci bersih.

Setelah mengetahui tentang manfaat seledri untuk rambut, sebaiknya tetap gunakanlah secukupnya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tetap jagalah kesehatan rambut dengan cara rajin keramas, menggunakan conditioner untuk melembabkan rambut dan memberikan nutrisi tambahan untuk rambut dengan memakai vitamin atau serum rambut.

Informasi lain datang dari sumber peterparkerblog.com yang mengatakan bahwa, walaupun seledri mempunyai sejumlah manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Akan tetapi, ramuan seledri tidak boleh dikonsumsi ataupun digunakan oleh ibu hamil. Di dalam seledri terdapat kandungan asam linoleat comuarin, minyak atsiri dan flavonoid yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim ibu hamil. [3] Nah, jika pembaca merupakan ibu hamil sebaiknya jangan menggunakan atau mengkonsumsi seledri karena kesehatan ibu dan janin lebih penting dibandingkan dengan keindahan rambut. Baca juga Manfaat Pohon Pisang.

Referensi :

manfaatnyasehat.com/manfaat-seledri-untuk-rambut
pondokibu.com/cara-merawat-rambut-dengan-daun-seledri-dan-manfaatnya.html
peterparkerblog.com/3529/manfaat-seledri-baik-untuk-tubuh-dan-rambut

6 Manfaat Seledri untuk Rambut | toro | 4.5