9 Manfaat Padi untuk Kesehatan

Manfaat Padi untuk Kesehatan – Padi merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam oleh para petani Indonesia. Tentu hal ini sudah jelas terjadi karena hasil olahan dari padi yaitu nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Kemudian, padi menjadi lebih terkenal dan menjadi primadona di Indonesia sejak adanya pepatah yang mengatakan tentang ilmu padi yaitu semakin berisi semakin merunduk. Apabila sudah diolah menjadi beras dan dimasak hingga menjadi nasi, di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat yang dapat dijadikan sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, di dalam nasi juga terdapat kandungan gula yang bisa dirasakan ketika mengunyahnya dalam waktunya yang cukup lama di dalam mulut.

Namun, siapa sangka bahwa sebelum diolah menjadi nasi ternyata padi mempunyai manfaat tersendiri bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Menurut kompasiana.com, dari biji hingga akarnya padi mempunyai banyak manfaat. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

Gambar Manfaat Padi Bagi Manusia

  1. Selaput biji padi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit lambung, gangguan pencernaan, mengobati penyakit beri-beri, mengatasi kesemutan dan dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini disebabkan karena selaput biji padi mempunyai sifat yang manis dan netral.
  2. Tangkai buah atau yang sering disebut dengan merang dapat mengatasi keguguran dan dapat membersihkan rambut yang kotor.
  3. Biji padi (beras) dapat digunakan untuk mengobati demam, diare, radang kulit, gondongan, rematik, kesleo, radang payudara dan bisul. Hal ini dikarenakan di dalam biji padi terdapat kandungan seperti vitamin B, enzim, glutelin, dextrin, xylan dan lain sebagainya.
  4. Akar padi dapat digunakan untuk mengatasi keringat yang berlebihan, karena ketika digunakan akar mempunyai sifat yang hangat sehingga dapat menutup pori-pori tubuh yang besar. [1]

Dewi56.blogspot.co.id, menjelaskan bagaimana tata cara pemakaiannya. Untuk pengunaan selaput biji padi dan akar padi cukup gunakan 10 – 15 gram untuk direbus, kemudian minum airnya. Sementara untuk pemakaian biji padi, cukup giling beras hingga halus untuk dioleskan pada permukaan tubuh yang sakit. [2]

Namun, cara pemakaian tersebut tidak berlaku jika padi khususnya di bagian tangkai buah (merang) digunakan untuk membersihkan kotoran pada rambut. Oleh kerena itu, berikut ini akan dijelaskan manfaat tangkai buah padi (merang) untuk rambut yang dianalisir dari cara-obat.com.

  1. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan menyiapkan beberapa ikat merang yang sudah kering dengan jumlah yang disesuaikan, bakarlah merang tersebut ke dalam wadah tanah liat.
  2. Ketika sudah menjadi abu, tambahkan air hingga terendam semuanya dan aduklah hingga rata serta campurkan dengan air perasan jeruk nipis.
  3. Biarkanlah air rendaman tersebut hingga satu malam dan biarkan agar terkena embun, lalu ambil endapan yang jernih untuk keramas [3]
  4. Kemudian, lakukan pijatan pada kulit kepala agar terasa lebih rileks sebelum dibilas dengan air bersih
  5. Sebaiknya, usahakan membilasnya menggunakan air bersih yang mengalir.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut secara rutin maksimal 3 kali dalam seminggu. Walaupun keramas menggunakan merang merupakan cara tradisional namun sangat berguna untuk membersihkan rambut, menghitamkan rambut dan dapat membuat rambut menjadi berkilau. Hal ini sudah terbukti karena masyarakat jaman dulu yang menggunakannya rambutnya terlihat berkilau, kuat, sehat dan belum beruban meski sudah berusia 50-an.
Sementara air perasaan jeruk nipis yang digun

akan sebagai campurannya berfungsi sebagai anti-ketombe dan dapat memberikan aroma yang menyegarkan pada rambut. Menggunakan merang untuk keramas secara rutin juga berguna untuk menghemat uang karena sudah tidak perlu untuk membeli shampoo. Namun kelemahan keramas menggunakan merang untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan adalah mereka akan merasa kesulitan untuk mendapatkan akar padi atau merang. Hal ini disebabkan karena minimnya lahan pertanian padi di kota-kota besar.
Sekian dulu ya informasi mengenai manfaat padi, dengan membaca informasi ini kita semua bisa mengetahui bahwa selain dapat diolah menjadi makanan untuk sumber energi, ternyata padi juga mempunyai segudang manfaat yang perlu diketahui oleh masyarakat luas, mulai dari manfaat untuk kesehatan hingga manfaat untuk kecantikan rambut. Tidak lupa kamu juga bisa membaca Manfaat Vegetarian Bagi Tubuh dan Kesehatan.

Referensi

http://www.kompasiana.com/nindamarina/berbagai-manfaat-padi_55092268813311986ab1e137
http://dewi56.blogspot.co.id/2013/04/manfaat-padi-untuk-kesehatan.html
http://www.cara-obat.com/2013/10/manfaat-dan-khasiat-merang-padi-untuk-rambut.html

manfaat padi, manfaat tanaman padi, apa manfaat padi, manfaat akar padi, manfaat tumbuhan padi, manfaat padi bagi kesehatan, manfaat dari padi, kegunaan padi, manfaat padi com, manfaat batang padi untuk kesehatan
9 Manfaat Padi untuk Kesehatan | toro | 4.5