10 Manfaat Minum Teh Hijau

Manfaat Minum Teh Hijau – Teh merupakan salah satu jenis minuman yang disukai oleh semua orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Teh termasuk dalam jenis tanaman herbal yang sudah diolah dengan teknologi modern. Lho, kenapa teh disebut dengan minuman herbal? Alasannya, karena teh merupakan minuman yang terbuat dari hasil sari daun teh. Ada beberapa jenis teh yang dapat dikonsumsi, yaitu teh hitam dan teh hijau.

Teh hijau lebih banyak dikonsumsi karena mempunyai kadar kafein rendah dibandingkan dengan teh hitam. Selain itu, teh hijau juga dikonsumsi sebagai minuman penganti kopi karena dianggap lebih sehat dan teh hijau juga banyak dikonsumsi sebagai minuman diet. Menurut situs wafasukses.wordpress.com, hal ini disebabkan karena di dalam teh hijau terdapat kandungan zat berupa polifenol, flavonol, alkaloid, asam amino, vitamin, mineral, enzim, pektin, flavonol dan masih banyak lagi. [1]

Gambar Minum Teh Hijau

Selain dapat dikonsumsi sebagai minuman diet, teh hijau juga mempunyai banyak manfaat lainnya yang perlu untuk diketahui. Inilah beberapa manfaat minum teh hijau bagi kesehatan tubuh, adapun sebagian diantaranya diambil dari situs bernama carakhasiatmanfaat.com.

10 Manfaat Minum Teh Hijau

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol di Dalam Darah
    Kandungan tanin di dalam teh hijau berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat secara alami yang menyebabkan penyumbatan di arteri.
  2. Mengatasi Penyakit Diabetes
    Teh hijau mempunyai kemampuan untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes tipe II. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan di dalamnya dapat menghambat sekresi enzim alpha – glucosidase, sehingga teh hijau dapat memperlambat penyerapan glukosa di dalam darah.
  3. Menstabilkan Tekanan Darah
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teh hijau mempunyai kandungan kafein dalam jumlah sedikit sehingga ketika dikonsumsi dapat memberikan efek positif terhadap tekanan darah.
  4. Mencegah Penyakit Kanker Kulit
    Kandungan polifenol yang terdapat di dalamnya mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker kulit akibat ultraviolet dan zat karsinogen.
  5. Mengurangi Stres dan Depresi
    Kandungan antioksidan, asam amino dan senyawa tanin di dalamnya berfungsi untuk mengurangi rasa cemas, stres dan depresi. [2]
  6. Menjaga Kesehatan Organ Jantung
    Karena mengandung kafein dalam jumlah yang sedikit, mengkonsumsi teh hijau tidak akan menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi sehingga saluran pada jantung tidak tersumbat dan jantung menjadi lebih sehat.
  7. Menangkal Efek Radikal Bebas
    Kandungan antioksidan dan senyawa lainnya mempunyai kemampuan untuk menangkal efek radikal bebas, sehingga tubuh terhindar dari resiko terkena penyakit serius seperti kanker.
  8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Kandungan antioksidan dan flavonoid di dalamnya mempunyai kemampuan untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari bahaya penyakit yang mengancam.
  9. Menjaga Kesehatan Kulit
    Kandungan vitamin E, vitamin C dan antioksidan di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan kulit, melindungi kulit, dapat membuat kulit lebih kencang, halus dan terlihat lebih cerah.
  10. Memberikan Efek Relaksasi
    Sebelum meminum teh hijau, pasti kita akan menghirup aromanya terlebih dahulu. Aroma teh hijau yang tercium oleh hidung akan membuat tubuh menjadi rileks dan tenang.

Agar mendapatkan manfaatnya secara lebih maksimal, konsumsilah sesuai kebutuhan (tidak berlebihan) dan disarankan untuk mengkonsumsinya dengan cara yang benar. Meskipun teh hijau merupakan minuman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, namun perlu diperhatikan bagaimana cara pembuatannya.

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi teh hijau dalam keadaan hangat maupun dingin. Jika ingin mengonsumsi teh hijau untuk minuman diet, sebaiknya minumlah teh hijau menjelang makan besar karena dapat membantu menahan asupan lemak di dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga baik diminum sebelum melakukan kegiatan olahraga karena dapat mempercepat pembongkaran lemak di dalam tubuh. Namun jika ingin mengkonsumsinya sebagai minuman kesehatan, minumlah di pagi atau malam hari menjelang tidur.

Apabila ingin mengkonsumsi teh hijau bersamaan dengan obat-obatan medis, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan seperti komplikasi, ketergantungan dan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Kamu juga bisa mengonsumsi bubur kacang ijo untuk menjaga kesehatan tubuh, dimana manfaat kajang ijo selain membuat perut kenyang, ternyata manfaat kacang hijau juga bisa menjaga kesehatan jantung simak artikelnya pada Manfaat Bubur Kacang Hijau Bagi Kesehatan.

Referensi :

Kandungan Kimia Pada Teh Hijau
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/khasiat-manfaat-rutin-minum-teh-hijau-setiap-hari.html

Apakah minum teh hijau bisa mengobati gusi bengkak, manfaat menghirup teh hijau
10 Manfaat Minum Teh Hijau | toro | 4.5