10 Manfaat Bubur Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat Bubur Kacang Hijau – Siapa sih yang tidak kenal dengan kacang hijau? Jenis biji-bijian yang digolongkan dalam kelas polong-polongan ini merupakan bahan makanan yang banyak digunakan untuk membuat aneka menu makanan yang nikmat, diantaranya seperti bubur kacang hijau, campuran kolak, digunakan untuk membuat isian kue dan masih banyak lagi. Sesuai dengan namanya yaitu kacang hijau, biji-bijian ini memang berwarna hijau sehingga mudah untuk dikenali diantaranya jenis kacang lainnya.

Berdasarkan informasi yang diambil dari mulaisehat.com, secara alamiah kacang hijau mempunyai nama latin Vigna Radiate. [1] Di dalam setiap butir kacang hijau terdapat berbagai kandungan nutrisi yang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti serat, mineral, vitamin, protein dan berbagai nutrisi lainnya. Namun, bagaimana jika kacang hijau diolah menjadi bubur? Apakah semua kandungan di dalamnya akan hilang?

Gambar Bubur Kacang Hijau Untuk Diet

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu akan dijelaskan sedikit informasi mengenai bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau merupakan salah satu menu makanan yang digemari oleh banyak orang, terlebih lagi dikonsumsi saat hangat. Biasanya, bubur kacang hijau ini dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi dan bisa juga dikonsumsi di siang hari dengan menambahkan es batu.

Semua manfaat kacang hijau akan didapatkan meskipun sudah dikonsumsi dalam bentuk bubur. Namun, dengan catatan harus menggunakan cara pengolahan yang baik dan benar agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak hilang. Apabila kondisi nutrisi di dalamnya tetap terjaga, maka inilah manfaat bubur kacang hijau yang dianalisir dari manfaatnyasehat.blogspot.co.id. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut ini :

10 Manfaat Bubur Kacang Hijau Bagi Kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
    Kandungan serat tinggi di dalamnya berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga mempunyai kemampuan yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.
  2. Menyembuhkan dan Mencegah Anemia
    Nutrisi berupa zat besi dan zinc yang dimiliki kacang hijau mempunyai kemampuan untuk mengatasi anemia dan dapat mencegah penyakit anemia (kurang darah). Dikarenakan kandungan zat besi dalamnya berperan untuk memproduksi sel-sel darah merah.
  3. Membantu Proses Pertumbuhan
    Kandungan protein lengkap yang dimiliki oleh kacang hijau berfungsi untuk membantu proses penyembuhan dan membantu pembentukan sel-sel tubuh yang baru.
  4. Membantu Proses Penyerapan Nutrisi
    Di dalam kacang hijau terdapat kandungan vitamin B1 dan enzim-enzim aktif yang mempunyai kemampuan untuk memperbaiki kondisi tubuh dengan membantu dan meningkatkan proses penyerapan nutrisi. [2]
  5. Meningkatkan Sistem Pencernaan
    Kandungan serat tinggi yang terdapat di dalam bubur kacang hijau berperan untuk meningkatkan sistem pencernaan, sehingga organ-organ pencernaan tetap sehat dan terhindar dari susah buang air besar.
  6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang
    Kandungan mineral berupa kalsium, kalium dan fosfor di dalamnya dapat digunakan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang.
  7. Menurunkan Berat Badan
    Jika dikonsumsi, bubur kacang hijau mempunyai sifat yang mengenyangkan sehingga setelah mengkonsumsinya akan terhindar dari kebiasaan ngemil dan makan makanan berkalori tinggi.
  8. Menangkal Radikal Bebas
    Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat di dalam kacang hijau berperan untuk menangkal radikal bebas, sehingga terbebas dari resiko terkena penyakit kanker kulit.
  9. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
    Di dalam kacang hijau terdapat kandungan asam lemak yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.
  10. Menjaga Kesehatan Mata
    Di dalam kacang hijau juga terdapat kandungan vitamin A yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata, menajamkan penglihatan serta mencegah terjadinya penyakit gangguan mata, seperti mata minus dan mata katarak.

Walaupun mempunyai rasa yang nikmat dan mempunyai banyak manfaat untuk dikonsumsi, namun tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi bubur kacang hijau dalam porsi sewajarnya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal, pastikan telah mengolah dan memasaknya dengan benar. Pastikan juga bahwa telah membeli kacang hijau dalam keadaan segar dan baik. Kemudian, konsumsilah sesuai dengan kondisi tubuh. Apabila mempunyai kolesterol tinggi maupun hipertensi dianjurkan tidak mengkonsumsi bubur kacang hijau yang menggunakan santan. Dan jika mempunyai penyakit diabetes sebaiknya jangan mengkonsumsi bubur kacang hijau yang bersantan dan manis. Simak juga artikel tentang Manfaat Fitnes untuk Kesehatan.

Referensi :
http://mulaisehat.com/10-manfaat-bubur-kacang-hijau-untuk-kesehatan-anda/
http://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2013/08/kandungan-manfaat-kacang-hijau.html

manfaat bubur kacang hijau, manfaat bubur kacang ijo, Manfaat kacang hijau, manfaat kacang ijo, khasiat bubur kacang ijo, khasiat kacang hijau, khasiat bubur kacang hijau, bubur kacang ijo, manfaat kacang hijau bagi kesehatan, manfaat bubur kacang
10 Manfaat Bubur Kacang Hijau Bagi Kesehatan | toro | 4.5