5 Manfaat Bekam untuk Kesehatan

Manfaat Bekam untuk Kesehatan – Meskipun hidup pada jaman yang modern, namun sebagian besar masyarakat Indonesia masih memilih untuk memakai metode tradisional, terutama di bidang kesehatan. Lalu metode apakah yang digunakan untuk menjaga kesehatan tersebut? Salah satunya yaitu menggunakan cara dan metode tradisional dianggap lebih aman untuk dilakukan karena mempunyai resiko efek samping yang ringan yaitu dengan metode bekam.

Salah satu metode tradisional yang banyak digemari hingga saat ini adalah terapi bekam. Terapi bekam adalah terapi yang dilakukan dengan menggunakan tabung bekam di atas permukaan kulit, tabung tersebut dapat menghisap keluar darah-darah kotor yang dianggap sebagai penyebab terjadinya penyakit. Sebenarnya ada dua jenis terapi bekam, yaitu terapi bekam basah dan terapi bekam kering.

Manfaat Bekam untuk Kesehatan

Sehatalamiki.com mengungkapkan bahwa bekam kering dilakukan dengan membekam kulit dengan tabung bekam atau kop bekam hingga tampak merah kehitam-hitaman, kemudian dilakukan pemijatan pada daerah sekitarnya. Sementara bekam basah dilakukan dengan menggunakan jarum tajam untuk mengeluarkan darah kotor. Biasanya bekam basah dilakukan setelah pasien terapi melakukan bekam kering, namun bagi orang yang takut melakukan bekam basah pasien diperbolehkan untuk tidak menggunakannya.

Dari situs tersebut juga dikatakan bahwa ada ratusan lebih titik pada bagian tubuh yang dapat digunakan untuk terapi bekam, tetapi yang lebih sering digunakan hanya 12 titik saja yaitu di bagian punggung, leher, kepala, dada, pinggang dan kaki. Terapi bekam ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai masalah penyakit kulit, gangguan syaraf, stroke, penyakit jantung, hipertensi, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi. [1]

Untuk lebih jelasnya, mari simak manfaat terapi bekam bagi kesehatan tubuh sesuai dengan apa yang dikutip dari metodesehat.com. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Melancarkan Peredaran Darah 
    Teknik terapi bekam berguna untuk melancarkan peredaran darah karena dapat membuang darah kotor atau darah yang terkontaminasi dengan racun dan zat berbahaya.
  2. Dapat Mengurangi Peradangan pada Kulit
    Jika dilakukan secara rutin, terapi bekam dapat mengurangi peradangan pada kulit dan dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat bersinar.
  3. Dapat Mengembalikan Kebugaran Tubuh
    Terapi bekam berguna untuk menghilangkan rasa lelah setelah seharian penuh beraktivitas dan juga berguna untuk mengatasi masuk angin. Darah-darah kotor yang dikeluarkan dapat membuat tubuh menjadi lebih ringan, segar, sehat dan lebih bugar.
  4. Menyehatkan Organ Jantung
    Terapi bekam dapat digunakan untuk menyehatkan organ jantung dan organ-organ tubuh lainnya. Hal ini disebabkan karena terapi bekam dapat mengatasi hipertensi, asam urat dan menurunkan kolesterol sehingga mampu membuat jantung menjadi lebih sehat.
  5. Membantu Proses Regenerasi Sel Kulit

Apabila terapi bekam dilakukan pada bagian wajah sangat berguna untuk membantu proses regenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, menghilangkan jerawat, dapat membuat wajah nampak lebih segar dan terlihat awet muda. [2]

Walaupun sekilas terapi bekam mengerikan untuk dilakukan, namun sebenarnya tidak terlalu sakit ketika melakukannya. Hanya saja sensasi yang dirasakan ketika kulit terhisap oleh kop bekam akan terasa ketat dan sedikit sakit. Namun, hal tersebut sebanding dengan manfaat yang didapatkan.

Selain dengan pergi ke tempat yang menyediakan layanan terapi bekam, terapi ini juga dapat dilakukan sendiri di rumah dengan cara membeli peralatan yang digunakan untuk terapi bekam dan meminta bantuan orang lain untuk membekam tubuh. Akan tetapi, pastikan untuk menggunakan metode atau cara yang benar agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Boleh saja untuk melakukan terapi bekam pada bagian wajah tetapi perhatikan dampak yang ditimbulkan, yaitu bekasnya. Bekas dari terapi bekam akan hilang dalam waktu beberapa hari sehingga untuk mendapatkan wajah yang halus dan berseri, pemilik wajah harus rela wajahnya dihiasi oleh bekas bekam yang terlihat memar berwarna biru kemerahan. Untuk mengatasinya, Kompreslah wajah secara rutin dengan menggunakan air bersuhu dingin.

Terapi terapi bekam tidak disarankan untuk diterapkan setiap hari karena dapat membuat pori-pori kulit menjadi membesar. Oleh karena itu, lakukan terapi bekam secara berkala yaitu maksimal 4 kali dalam satu bulan. Ingatlah bahwa segala sesuatunya yang dilakukan secara berlebihan tidak akan memberikan hasil yang baik baca juga Manfaat Padi untuk Kesehatan

Referensi

http://sehatalamiku.com/berbagai-manfaat-bekam-bagi-kesehatan-tubuh

awet muda dengan becam, bekam ampuh untuk kecantikan dan awet muda, sakit punggung sampai ke perut, titij bekam untuk awet muda, titik bekam awet
5 Manfaat Bekam untuk Kesehatan | toro | 4.5