Khasiat dan Manfaat Buah Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Sebelum kita bahas tentang khasiat dan manfaat buah merah bagi kesehatan tubuh, mari kita kenali dulu apa itu buah merah. Buah merah atau Pandanus conoideus terdapat di tanah Papua, batang buah merah dapat mencapai hingga 5-6 meter. Penduduk Papua menggunakan buah merah sebagai makanan atau obat. Anda dapat menemukan buah merah di daerah Manokwari, Jayapura, dan Wamena Nabire. Buah merah dapat tumbuh pada keringgian 2.500 m di atas permukaan laut.

Nah, selanjutnya kita akan membahas manfaat buah merah bagi kesehatan tubuh yang kami rangkum dari laman healthbenefitstimes.com antara lain :
1. AIDS
Pada umumnya penyakit AIDS menular melalui hubungan sex yang tidak sehat, penggunaan jarum suntik bergantian, atau dapat juga melalui darah. Saat ini memang belum ditemukan obat untuk penyakit AIDS ini, akan tetapi mengkonsumsi buah merah terbukti sangat efektif untuk mencegah penyakit AIDS. Selain itu di Papua buah merah juga digunakan untuk mengobati penyakit kanker. Buah merah mengandung tokoferol dan beta-karoten yang sangat tinggi yang berguna untuk menekan virus yang memicu HIV, AIDS.

2. Kanker dan Tumor
Kanker merupakan penyakit akibat perkembangan sel-sel jaringan yang abnormal. Sel kanker dapat berkembang luas dengan cepat bahkan hingga tidak terkendali. Kandungan tokoferol serta beta-karoten yang tinggi pada buah merah  berguna sebagai anti-oksidan serta untuk meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh atau antibody. Selain itu buah merah juga mengandung Omega 3 yang berfungsi untuk mengembalikan jaringan yang rusak sehingga sangat cocok bagi penderita kanker payudara.

3. Stroke dan Darah Tingi
Penyakit stroke disebabkan oleh pembekuan serta penipisan aliran darah. Salah satu penyebab utama terjadinya stroke  adalah hipertensi. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah dan mempersempit pembuluh darah sehingga mengakibatkan penurunan aliran darah hingga dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Tekanan darah tinggi disebabkan karena jantung yang memompa terlalu cepat yang mengakibatkan kadar oksigen dalam darah berkurang. Kandungan tokoferol pada buah merah dapat melemahkan darah serta mempercepat aliran darah sehingga kadar oksigen dalam darah menjadi normal.

4. Asam Urat
Asam urat disebabkan oleh gangguan hati yang menghasilkan asam urat berlebih. Asam  urat berlebih juga dapat membentuk batu ginjal dalam tubuh. Kandungan tokoferol dalam buah merah mampu mengencerkan darah dan dapat meningkatkan sistem kerja tuas.

5. Diabetes Mellitus (Diabetes)
Diabetes mellitus biasa dikenal dengan penyakit gula. Penyakit ini termasuk jenis penyakit metabolik, dimana seseorang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Ketika terjadi Diabetes tubuh tidak membuat cukup insulin untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Proses pemulihan diabetes dapat dibantu dengan menggunakan minyak buah merah yang mengandung vitamin E dan tokoferol. Peran tokoferol pada buah merah dapat meningkatkan kerja pankreas yang membuat fungsi insulin menjadi normal kembali.

6. Osteoporosis
Buah merah mengandung kalsium yang berlimpah sekitar 55.000 mg pada setiap 100 gram. Mengkonsumsi buah merah juga dapat membantu menghindari osteoporosis pada tulang.

7. Gangguan Mata
Kandungan beta-karoten yang tinggi pada buah merah dapat membantu mengatasi berbagai jenis gangguan mata yang disebabkan karena kekurangan vitamin A.

8. Meningkatkan Kecerdasan
Kandungan Omega 3 dan Omega 6 pada buah merah berguna untuk meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kecerdasan. Untuk itu buah merah sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

9. Meningkatkan Gairah dan Kesuburan
Mengkonsumsi buah merah setelah 15 menit dapat membantu meningkatkan gairah seksual laki-laki. Vitamin E yang terkandung dalam buah merh mampu meningkatkan produksi sperma, selain itu buah merah mengandung energi yang tinggi hingga 360 kalori. Buah merah juga dapat menangani penyakit lambung, wasir, gangguan paru-paru dan lain sebagainya.

10. Hepatitis
Hepatitis disebabkan oleh infeksi virus pada hati. Hepatitis B dan C jika tidak segera ditangani biasanya dapat berkembang menjadi kanker hati (serosis). Buah merah mengandung antivirus dan anti-oksidan yang mampu mencegah berkembangnya sel kanker. Selain itu buah merah juga membantu memperbaiki kembali pertumbuhan sel-sel hati.

11. Kolesterol
Kadar kolesterol yang tinggi pada pembuluh darah khususnya trigliserida dan HDL ( High Density Lipoprotein) dapat menyebabkan penipisan pembuluh darah di jantung, otak maupun gnjal. Hal ini dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh berlebih. Buah merah dapat menangkal kolesterol dalam pembuluh darah.

12. Lupus
Lupus merupakan penyakit autoimun, dimana terjadinya mekanisme tubuh yang hiperaktif. Hal ini dapat ditandai dengan pembengkakan, peradangan, cedera sendi, kulit, ginjal, darah, jantung, serta paru-paru. Sistem kekebalan tubuh yang normal membuat protein sebagai antibodi sehingga dapat menjaga dan memerangi antigen seperti bakteri dan virus. Lupus membuat mekanisme pertahanan tubuh tidak mampu membedakan antara antigen dalam jaringan sehat. Disini peran buah merah dapat membantu untuk meningkatkan stamina penderita serta sebagai anti-oksidan.

Setelah mengetahui berbagai manfaat buah merah bagi kesehatan tubuh, tentunya anda tertarik untuk mengkonsumsi buah merah tersebut bukan. Karena kandungan tokoferol dan beta-karoten yang tinggi, buah merah ini mampu memerangi berbagai penyakit seperti AIDS, kanker, tumor, stroke, asam urat, diabetes mellitus, osteoporosis, hepatitis, kolesterol, lupus dan lain sebagainya yang mengganggu kesehatan anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Khasiat dan Manfaat Buah Merah Bagi Kesehatan Tubuh | Linda | 4.5