Khasiat dan Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki bentuk fisik seperti bunga. Bagian atasnya yang mekar seperti bunga memiliki warna hijau tua. Cara mengkonsumsi sayuran ini bisa dimasak terlebih dahulu maupun mentah. Brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh kita sangat banyak.

Dalam beberapa penelitian ilmiah, para ilmuwan telah menemukan bahwa brokoli mentah lebih kaya akan sulforaphane bila dibandingkan dengan brokoli yang sudah dimasak. Tubuh mengubah vitamin C sebagai serat sehingga mengubah brokoli menjadi sulforaphane yang akan membantu memerangi kanker. Meskipun mengkonsumsi brokoli mentah memiliki khasiat yang lebih besar, namun mengkonsumsi brokoli yang sudah dimasak tentu masih tetap kaya dengan berbagai macam vitamin dan mineral. Kandungan tersebut membantu tubuh kita dalam melindungi dari berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah kandungan dan manfaat brokoli yang kami rangkum dari laman healthbenefitstimes.com.

manfaat brokoli

Kandungan Brokoli Dalam Setiap 91.00 gram

Nutrisi Jumlah
calcium 42.77 mg
choline 17.02 mg
fiber 2.37 g
folate 57.33 mcg
iron 0.66 mg
magnesium 19.11 mg
manganese 0.19 mg
molybdenum 4.55 mcg
phosphorus 60.06 mg
potassium 287.56 mg
protein 2.57 g
selenium 2.27 mcg
tryptophan 0.03 g
vitamin A 566.93 IU
vitamin B1 0.06 mg
vitamin B2 0.11 mg
vitamin B3 0.58 mg
vitamin B5 0.52 mg
vitamin B6 0.16 mg
vitamin C 81.17 mg
vitamin E 0.71 mg
vitamin K 92.46 mcg

Berikut ini beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Kolesterol

Cara terbaik untuk menurunkan kolesterol dengan brokoli adalah dengan cara mengukusnya. Brokoli yang dikukus lebih efektif untuk menurunkan kolesterol.

2. Mengelurakan Racun

Seperti yang kita ketahui, racun yang bersarang di sel-sel tubuh kita harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Dalam hal ini brokoli berperan sebagai detox dalam tubuh.

3. Kaya Akan Vitamin D

Brokoli sangat bermanfaat bagi tubuh yang kekurangan vitamin D.

4. Sebagai Anti-Inflamasi

5. Sebagai Antioksidan

Di antara semua jenis sayuran yang sering kita konsumsi, brokoli merupakan sayuran yang terbaik sebagai antioksdan. Brokoli memiliki flavonoid dalam jumlah besar yang berfungsi sebagai antioksidan.

6. Brokoli Sebagai Pencegah Kanker

antioksidan, anti-inflamasi, serta detoksifikasi dalam brokoli menjadikan sayuran ini sebagai pencegah kanker. Setelah diselidiki, beberapa penyakit kanker yang berkurang setelah mengkonsumsi brokoli antara lain kanker prostat, kanker usus besar, kanker payudara, kanker kandung kemih, dan kanker ovarium juga. Namun tidak menutup kemungkinan untuk jenis kanker lainnya juga bisa berkurang dengan mengkonsumsi brokoli.

7. Baik untuk Sistem Saraf

Studi klinis telah membuktikan bahwa brokoli dapat membantu mengembangkan sistem saraf pusat yang lebih kuat. Bahkan brokoli membantu untuk mencegah kerusakan sistem saraf pusat yang dikenal dengan penyakit parkinson.

8. Baik untuk Kesehatan Tulang

Brokoli kaya akan kalsium serta vitamin K, yang sangat penting untuk kesehatan tulang serta perlindungan terhadap tulang rapuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa brokoli lebih kaya akan kalsium dibandingkan dengan sebagian produk susu.

9. Baik untuk Sistem Pencernaan

Brokoli kaya akan serat yang sangat baik dalam membantu pencernaan, menghentikan sembelit, dan membantu menurunkan gula darah. Dengan serat yang ada dalam brokoli bisa membantu mengatasi berbagai macam masalah perut terutama sembelit. Karena sembelit merupakan akar dari hampir semua masalah perut.

10. Baik untuk Kesehatan Mata

Penelitian menunjukkan bahwa lutein karotenoid membantu dalam mencegah masalah kerusakan mata yang berkaitan dengan usia serta katarak. Selain itu, brokoli adalah sayuran yang kaya akan vitamin A yang diperlukan untuk memelihara retina.

11. Baik untuk Jantung

Dengan kalium yang ada pada brokoli, sangat baik untuk mengontrol tekanan darah. Mengontrol tekanan darah tinggi, mencegah penyakit arteri koroner, serangan jantung, serta stroke jantung.

12. Baik untuk Ibu Hamil

Hamil? Sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi brokoli. Brokoli mengandung asam folat yang sangat diperlukan ibu hamil. Kekurangan asam folat akan mengakibatkan berbagai macam masalah pada kelahiran si bayi.

13. Mencegah Kencing Manis

Sebuah penyelidikan dipandu oleh Paul Thornalley yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes” pada tahun 2008 menemukan bahwa sulforaphanes dalam brokoli dapat merangsang melindungi enzim untuk mengurangi berbagai macam kerusakan sel.

14. Anemia

Anemia secara langsung berkaitan dengan defisiensi besi serta protein tertentu. Brokoli penuh dari kedua zat ini dan karena itu baik untuk mencegah dan mengobati anemia.

Begitu banyak manfaat brokoli yang bisa kita ambil. Jangan lupa share kepada teman-teman kamu ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

rangkuman manfaat brokoli
Khasiat dan Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh | Linda | 4.5