Gejala Penyakit Batu Ginjal dan Obat Tradisional Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit gangguan urologis yang sangat menyakitkan dan biasa terjadi di masyarakat. Selain itu batu ginjal merupakan potongan-potongan zat padat yang terbentuk saat zat yang normal larut di dalam urine sehingga berkonsentrasi tinggi. Zat padat tersebut dapat terbentuk oleh kalsium, fosfat dan oksalat. Biasanya batu ginjal hanya berdiaeter beberapa milimeter saja. Beberapa faktor penyebab batu ginjal yakni:
– Sering menahan kencing
– Kurang minum air putih
– Kadar garam dalam urin yang pekat sehingga mampu berpotensi terjadinya endapan batu di dalam saluran kemih
– Zat kimia yang terlalu banyak di dalam urin seperti kapur dan garam oksalat.
– Vitamin D berlebih dan kadar asam urat atau terlalu banyak mengkonsumsi kalsium yang tidak larut sepenuhnya.

Gejala Batu Ginjal dan Obat Tradisional Batu Ginjal

Gejala Batu Ginjal

Tanda gejala batu ginjal yang dapat terjadi antara lain:

Tanpa Gejala
Biasanya orang yang menderita batu ginjal ini tanpa gejala apapun (asimtomatik). Apabila anda memiliki batu ginjal yang sangat kecil biasanya anda tidak akan mengetahui ataupun merasakannya. Batu ginjal kecil biasanya ditemukan dengan menjalani tes pencitraan (X-ray, USG atau CT scan) untuk alasan yang tidak berhubungan dengan masalah ginjal.

Nyeri
Batu ginjal dapat mengakibatkan rasa nyeri yang ringan hingga berat. Jalur nyeri yang terjadi biasanya pada punggung bagian bawah (pada kedua sisi), perut bagian bawah, serta daerah selangkangan dan pada bagian bawah tulang rusuk.

Mual dan muntah
Batu ginjal yang mungkin begitu parah akan menyebabkan rasa sakit dan akan mengakibatkan anda mengalami mual dan muntah. Nyeri hebat, mual dan muntah harus segera diobati menggunakan obat nyeri kuat, antiemetik serta cairan infus.

Demam dan menggigil
Terkadang demam dan menggigil juga merupakan tanda gejala dari batu ginjal. Apabila anda mengalami demam dan menggigil yang berhubungan dengan batu ginjal maka anda harus mendapatkan pengobatan segera.

Darah dalam urine
Darah di dalam urine atau hematuria merupakan gejala umum lain dari batu ginjal. Iritasi pada ureter dapat terjadi ketika batu ginjal melewati saluran kemih dan dapat enyebabkan perdarahan. Warna pada urine biasanya terlihat merah muda atau kemerahan tergantung dengan beratnya perdarahan.

Perubahan urine lainnya
Apabila anda melihat urine yang keruh bahkan sangat berbau, hal ini dapat menjadi tanda-tanda infeksi yang terkait dengan batu ginjal. Akan tetapi gejala ini bisa juga menjadi tanda gejala masalah medis lainnya seperti infeksi saluran kemih (ISK), sistinitis, infeksi kandung kemih atau penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore. Jika anda mengalami hal seperti ini maka sebaiknya anda harus segera memeriksakan ke dokter.

Obat Tradisional Penyakit Batu Ginjal

Penyaki batu ginjal tidak hanya menyerang kaum laki-laki saja akan tetapi batu ginjal juga dapat menyerang kaum wanita dan anak-anak. Beberapa macam jenis obat tradisional batu ginjal yang dapat anda gunakan antara lain:
1. Bahan
Daun pepaya sebanyak 7 lembar
Cara
– Hari ke-1, siapkan 3 embar daun pepaya yang masih segar kemudian cuci bersih dan direbus menggunakan air secukupnya. Setelah itu air rebusan tersebut dapat diminum 1 gelas sekaligus.
– Hari ke-2, siapkan 5 lembar daun pepaya yang masih segar kemudian cuci bersih dan direbus menggunakan air secukupnya. Setelah itu air rebusan tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
– Hari ke-3, siapkan 7 lembar daun pepaya yang masih segar kemudian cuci bersih dan direbus menggunakan air secukupnya. Setelah itu air rebusan tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
Catatan : resep ini tidak dianjurkan bagi penderita hipertensi.
2. Bahan
Daun kemuning
Cara
Siapkan 30 gram daun kemuning segar kemudian cuci bersih. Buat jus dengan 150 ml air kemudian langsung diminum 1 kali sehari.
3. Bahan
– 30 gram daun tempuyung segar atau 10 gram daun tempuyung kering
– 30 gram tanaman meniran segar atau 10 gram tanaman meniran kering
– 15 atau 40 gram daun tapak liman
– 30 gram daun kumis kucing segar atau 10 gram daun kumis kucing kering
Cara
Semua bahan di cuci bersih kemudian masak dalam air mendidih kira-kira 1 liter air. Setelah itu angkat dan saring. Minum selagi hangat 2 kali sehari (pagi dan sore).

Bahan-bahan tradisional tersebut dapat digunakan untuk mengobati penyakit batu ginjal. Selain itu ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita batu ginjal yakni:
– Bawang putih
– Paprika merah
– Kecambah
– Berries ( stroberi, raspderry, blueberry, cranberry)
– Minyak zaitun
– Bawang merah
– Ikan
– Ceri

Nah, bagi anda yang belum terkena penyakit batu ginjal, mulai sekarang anda harus selalu waspada dengan penyakit ini dan upayakan dalam keluarga anda untuk menjalani pola hidup sehat agar terhindari dari berbagai masalah kesehatan.

obat batu ginjal di apotik, obat kencing batu di apotik, obat penghancur batu ginjal di apotik, obat batu ginjal yang dijual di apotik, obat sakit ginjal di apotik, harga batugin di apotik, daun pepaya untuk penyakit kncing batu, gejala ginjal yang tidak boleh makan zat kapur, Cara keluarkan kapur dari ginjal, obat alami untuk ginjal yang berkapur
Gejala Penyakit Batu Ginjal dan Obat Tradisional Batu Ginjal | Linda | 4.5