Gejala Darah Rendah dan Penyebab Darah Rendah

Darah rendah atau hipotensi merupakan tekanan darah yang begitu rendah yang menyababkan gejala atau tanda yang disebabkan karena aliran darah yang rendahmelalui arteri-arteri dan vena-vena. Saat aliran darah terlalu rendah untuk mengalirkan oksigen serta nutrisi-sutrisi yang cukup pada organ-organ vital yaitu otak, ginjal, jantung, maka organ-organ tidak berfungsi dengan normal dan akan menyebabkan kerusakan secara permanent. Beda halnya dengan tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat diketahui tanda-tanda dan gejala-gejala dari aliran darah yang rendah serta bukan ditentukan oleh angka tekanan darah yang spesifik. Pada umumnya tekanan darah sistolik untuk kaum dewasa yang sehat berkisar antara 90-120 milimeter air raksa (mmHg) sedangkan untuk tekanan darah diastolik normalnya antara 60-80 mmHg.

Gejala darah rendah antara lain:
– Diare
– Stress
– Syok
– Demam
– Dehidrasi
– Muntah
– Kehamilan
– Melahirkan
– Permasalahan atau gangguan pada jantung
– Efek samping dari obat-obatan tertentu
– Kadar gula darah yang rendah (hipoglikemia)

Ciri-ciri darah rendah yang biasa terjadi pada seseorang antara lain:

  1. Penderita biasanya sering mengeluh sakit kepala atau pusing.
  2. Penderita biasanya akan sering mengalami kebingungan.
  3. Penderita biasanya akan sering merasakan penglihatan kabur, atau mata berkunang-kunang. Hal ini terjadi apabila penderita setelah duduk lama kemudian langsung berdiri atau berjalan.
  4. Penderita akan merasa tubuhnya cepat lelah bahkan tidak ada tenaga untuk melakukan aktivitas.
  5. Sering menguap.
  6. Sering keluar keringat dingin pada kaki dan tangan.
  7. Penderita biasanya tampak pucat serta denyut nadinya lemah.

Selain itu masih ada penyebab darah rendah lainnya yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah, perubahan hormon di dalam tubuh, anemia, efek samping dari obat, serta terdapat masalah pada hati dan endokrin. Apabila anda mengalami ciri-ciri seperti diatas, maka dapat dipastikan bahwa anda terkena darah rendah. Nah, bagi anda yang menderita darah rendah maka sering-seringlah bergerak untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Perbanyaklah konsumsi air putih untuk membantu mengurangi gejala dari darah rendah. Selain itu, anda juga dapat meningkatkan kandungan garam pada makanan anda, akan tetapi jangan berlebih, karena sesuatu yang berlebihan itu juga tidak baik karena akan menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat membahayakan tubuh.

Upaya pencegahan yang dapat anda lakukan agar terhindar dari darah rendah yaitu anda harus rajin berolahraga untuk menjaga tubuh anda agar selalu sehat, dan rajinlah dalam mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar anda terhindar dari serangan berbagai macam penyakit yang mengganggu kesehatan anda nantinya. Semoga postingan ini bermanfaat untuk anda dan anda dapat lebih memperhatikan lagi kesehatan anda terutama tentang gejala penyakit darah rendah.

Gejala Darah Rendah dan Penyebab Darah Rendah | Linda | 4.5