Fungsi dan Manfaat Daun Sirih serta Ciri ciri Daun Sirih

Tumbuhan yang satu ini memiliki nama latin yaitu Piper Betle yang dikenal sebagai tumbuhan yang merambat. Pohon sirih ini biasanya hidup dengan bersandar pada pohon lain dan mampu tumbuh dengan tinggi mencapai 15 meter.

Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih

Manfaat daun sirih dapat mengobati berbagai penyakit dalam maupun luar tubuh. Daun sirih bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit antara lain.

1. Obat keputihan
Caranya ambil beberapa lembar daun sirih kemudian rebus, setelah itu tunggu air godokan daun sirih hingga dingin kemudian pakai untuk membersihkan miss v. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan secara rutin.

2. Obat batuk
Caranya ambil 10 lembar daun sirih, campurkan dengan 20 biji cengkeh kering kemudian rebus hingga mendidih. Masukkan air rebusan daun sirih dan cengkeh ke dalam gelas, tunggu sampai dingin kemudian minum. Gunakan madu untuk mengurangi bau daun  sirih jika anda tidak suka bau dari daun sirih.

3. Obat mimisan
Cara nya dengan meremas-remas daun sirih hingga mengeluarkan air, kemudian sumbatkan pada hidung yang mimisan dengan demikian pengeluaran darah akan berkurang.

4. Mengurangi bau napas
Caranya ambil beberapa lembar, cuci dengan air hangat kemudian kunyah daun sirih tersebut. Lakukan secara rutin hingga bau pada mulut hilang.

Manfaat dan Ciri ciri Daun Sirih

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat daun sirih anda juga harus tahu ciri ciri daun sirih antara lain:
Pada batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk memanjang, bulat dan beruas, selain itu batang merupakan tempat keluarnya akar. Pada bagian daun berbentuk hati, mempunyai tangkai, tumbuh berselang seling, bila diremas memiliki bau sedap yang khas, memiliki panjang kurang dari 8 cm dan lebar antara 2-5 cm.

Fungsi Daun Sirih

Selain beberapa manfaat daun sirih yang tertera diatas, masih ada lagi fungsi daun sirih yaitu:

– Dapat memperlancar haid dengan cara meminum air rebusan dari daun sirih.

– Bisa untuk mengobati asma.

– Mengobati peyakit radang tenggorokkan.

– Menghilangkan gatal pada kulit, caranya tumbuk daun sirih kemudian balurkan ke bagian tubuh yang gatal.

– Mengobati demam berdarah.
Daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah. Caranya dengan merebus daun sirih kemudian minum air rebusan daun sirih. Daun sirih berfungsi untuk membunuh kuman penyebab demam berdarah.

– Mengobati sariawan, gigi dan gusi bengkak
Daun sirih juga dapat mengobati sariawan, gigi dan gusi bengkak. Caranya kunyah daun sirih hijau kemudian kumur dengan air rebusan daun sirih. Lakukan secara rutin hingga sariawan, gigi dan gusi bengkak sembuh.

Selain berfungsi untuk kesehatan ternyata cairan daun sirih hijau dapat dijadikan sebagai obat penyemprot hama serta tidak mematikan tanaman. Setelah membaca artikel ini kini anda sudah mengetahui berbagai manfaat dari daun sirih dalam kehidupan kita. Semoga Artikel Kesehatan ini bermanfaat.

ciri ciri daun sirih, ciri khusus sirih, Ciri khusus daun sirih, ciri khusus tumbuhan sirih, pengertian daun sirih, ciri ciri daun, fungsi daun sirih, ciri daun sirih, nama latin daun sirih, ciri-ciri daun sirih
Fungsi dan Manfaat Daun Sirih serta Ciri ciri Daun Sirih | Linda | 4.5