Darah Haid dan Siklus Haid Yang Normal

Darah haid bagi wanita yang masih usia produktif akan keluar setiap bulannya. Pengertian dari haid atau menstruasi itu sendiri adalah perubahan fisiologis yang terjadi pada wanita yang dipengaruhi oleh hormon FSH-estrogen atau LH-progesteron secara berkala. Proses tersebut mengakibatkan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah serta jaringan tubuh (gumpalan).
Masa haid atau menstruasi yang terjadi pada usia remaja berkisar antara 10-16 tahun, hal ini dapat dipengaruhi oleh nutrisi, kesehatan, berat badan dan juga tinggi badan. Menstruasi akan berhenti saat wanita berusia 40-50 tahun atau biasa dikena dengan menopause. Normalnya, darah menstruasi keluar sekitar 5-7 hari.

Siklus haid yang normal adalah sekitar 21-35 hari sedangkan idealnya sekitar 28 hari. Siklus haid meliputi:

Masa Menstruasi

Masa menstruasi ini berlangsung selama 2-8 hari, ketika selaput rahim dilepaskan sampai perdarahan terjadi dan hormon-hormon ovarium berada pada kadar paling rendah.

Masa Poliferasi

Fase ini terjadi karena pertumbuhan dari duda fungsional dan mempersiapkan rahim sebagai tempat janin. Pada fase ini di awali dengan kembalinya tumbuh endometrium yang akan terjadi pada hari ke 12-14.

Masa Sekresi

Masa sekresi terjadii setelah adanya ovulasi dimana hormon progesteron dapat mempengaruhi endometrium untuk membuat kondisi rahim siap sebagai tempat janin.

Untuk mengetahui siklus haid yang normal dapat dihitung dari hari pertama menstruasi hingga menjelang menstruasi di bulan selanjutnya. Siklus yang ideal yaitu 28 hari. Namun, pada remaja akan sering terjadi perubahan siklus hal ini masih dianggap normal. Siklus haid normal dipengaruhi oleh praovulasiyag dapat berubah setiap bulannya dan setiap wanita memilliki perbedaan.
Selain itu, untuk mengetahui ciri-ciri darah haid yang normal dapat dilihat dari warna, tekstur dan baunya. Darah haid yang normal memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
– Berwarna merah matang, hal ini disebabkan karena darah haid berasal dari indung telur.
– Tekstur nya agak kental
– Darah haid biasanya akan lebih bau jika dibandingkan dengan darah umum.

Masa haid wanita terjadi hingga wanita tersebut mengalami menopause. Wanita yang mengeluarkan darah haid tidak lebih dari 15 hari maka masih dianggap sebagai darah haid. Akan tetapi jika berlangsung lebih dari 15 hari darah tersebut dianggap sebagai darah istihadoh. Jika anda mengalami haid lebih dari 15 hari maka sebaiknya anda harus segera periksakan kedokter. Selain itu wanita yang sedang haid dianjurkan untuk memakai pembalut baik yang terbuat dari kain ataupun pembalut modern dengan berbagai keunggulan, akan tetapi untuk pembalut yang nyaman dipakai yaitu pembalut yang terbuat dari herbal. Pemakaian pembalut saat haid harus sering diganti setiap 4 jam sekali atau minimal 2 kali sehari untuk mencegah adanya infeksi pada vagina maupun gangguan lain.
Nah, berikut tips memilih pembalut yang tepat:

  1. Pilih pembalut sesuai kebutuhan
  2. Pilih pembalut yang nyaman dipakai serta tidak mudah berkerut
  3. Pilih pembalut yang berdaya serap tinggi
  4. Saat membeli pembalut pastikan kemasannya baik dan tidak rusak
  5. Pilih pembalut yang berbahan lembut dan sangat lentur

Saat haid sebaiknya anda tidak membatasi kebutuhan nutrisi untuk tubuh anda. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur serta rutin berolahraga agar saat anda haid tidak mengalami rasa nyeri berlebih. Lakukan pola hidup sehat agar kesehatan anda terjaga. Selain itu pada saat haid anda dapat mengkonsumsi Fe atau zat besi untuk mencegah anemia 2 kali dalam seminggu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ciri ciri darah haid, ciri darah haid, warna darah haid yang sehat, ciri ciri haid tidak normal, bau darah haid yang normal, warna darah haid yang normal, ciri-ciri darah haid, ciri ciri darah menstruasi, ciri2 darah haid, warna darah haid normal
Darah Haid dan Siklus Haid Yang Normal | Linda | 4.5