Ciri-ciri dan Penyebab Kanker Payudara Serta Obatnya

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan di dunia. Kanker payudara merupakan jenis lain dari kanker  yang terjadi di jaringan payudara. Saat sel abnormal membagi serta tidak terkontrol makan akan menyababkan sel tersebut membentuk jaringan ekstra atau tumor jinak maupun ganas. Sel tumor ganas (kanker) bisa menyebar ke bagian jaringan tubuh terdekat serta dapat melepaskan diri dari bentuk tumor primer dan akan membentuk tumor sekunder dimanapun pada bagian tubuh. Untuk mengetahui ciri-ciri kanker payudara dapat diketahui dengan cara pengambilan sampel sel jaringan payudara yang mengalami benjolan (biopsy). Tindakan ini dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan sel yang terjadi, apakah bersifat tumor jinak ataupun bersifat tumor ganas.

Belum diketahui secara pasti penyebab kanker payudara akan tetapi terdapat faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya kanker payudara antara lain:
– Wanita
Wanita memiliki resiko lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan dengan laki-laki.
– Usia
Wanita yang berusia lebih 60 tahun memiliki resiko lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan dengan yang berusia muda.
– Riwayat keluarga
Keluarga yang memiliki riwayat kesehatan kanker payudara maka tidak menutup kemungkinan bahwa kanker ini dapat menurun.
– Radiasi
Jika saat masih anak-anak atau saat dewasa pernah mendapatkan perawatan radiasi maka akan memungkinkan akan memiliki kanker payudara pada kemudian hari.
– Obesitas
Memiliki tubuh obesitas (kegemukkan) akan menjadi faktor resiko terkena kanker payudara.
– Menopause dini
Menopause dini atau lebih cepat akan memungkinkan resiko kanker payudara.
– Alkohol
Minum alkohol menjadi faktor resiko terkena kanker payudara.
– Terapi hormon postmenopausal
Penggunaan terapi hormon estrogen dan progesteron lebih meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.

Selain itu tanda dan gejala kanker payudara diantaranya:
1. Terdapat benjolan pada payudara yang menebal dan berbeda dari jaringan yang lainnya.
2. Mengalami pengelupasan pada kulit puting susu.
3. Keluar darah di bagian puting susu.
4. Mengalami perubahan bentuk dan ukuran.
5. Mengalami perubahan pada kulit payudara seperti kulit jeruk.
6. Bagian puting susu masuk ke dalam.
7. Terdapat warna kemerahan pada payudara.

Banyak cara untuk mengatasi kanker payudara diantaranya:
– Penyinaran sinar X dan gamma (Radiasi)
– Operasi pengangkatan payudara ( Mastektomi)
– Lintasan metabolisme
– Penggunaan obat-obatan anti kanker atau sitokina (kemoterapi)
– Penggunaan obat herbal.
Dari beberapa cara diatas penggunaan obat herbal dapat menjadi pilihan anda sebagai obat kanker payudara. Kullit manggis dan daun sirsak memiliki khasiat untuk mengobati dan pencegahan kanker. Anda tidak perlu repot untuk meraciknya, karena saat ini sudah banyak obat herbal yang terbuat dari kulit manggis dan daun sirsak. Dan pastinya sudah dijamin kualitas dan pengolahannya. Anda dapat membeli obat tersebut di apotik-apotik terdekat.

Kanker Payudara Serta Obatnya

Selain itu bagi anda yang tidak memiliki kanker payudara perlu adanya upaya pencegahan untuk anda seperti dengan melakukan teknik SADARI (periksa payudara sendiri) setiap satu bulan sekali. Cara ini dapat dilakukan satu minggu setelah haid. Karena jika dilakukan sebelum haid bisa saja terdapat benjolan pada payudara bukan benjolan abnormal tetapi karena hormon. Untuk teknik-teknik melakukan SADARI yaitu:
1. Duduk dihadapan kaca dengan menanggalkan baju, kemudian amati pada kaca warna, ukuran maupun bentuk payudara.
2. Letakkan kedua tangan pada pinggang kemudian toleh kanan dan kiri, lalu amati payudara apakah aka benjolan atau tidak.
3. Angkat kedua tangan ke atas kemudian amati payudara apakah terdapat benjolan atau tidak.
4. Setelah itu baring ditempat tidur kemudian tangan kanan meraba perlahan pada payudara menggunakan tiga jari memutar searah jarum jam. Pada bagian payudara sebelah kiri caranya sama, jika terdapat benjolan yang menetap maka tandailah menggunakan bolpoint. Lalu hendaknya anda memeriksakan kedokter dan melakukan biobsy.

Dengan melakukan teknik SADARI secara rutin setiap bulan maka anda sudah melakukan deteksi dini pada kanker payudara. Selain itu anda juga harus memiliki pola hidup yang sehat untuk menghindari berbagai masalah kesehatan diantaranya kanker payudara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

cara menghilangkan bau pada payudara, penyebab puting bau dan cara mengatasinya, Penyebab payudara bau, penyebab adanya bau tidak sedap disekitar payudara, Obat mengatasi bau asam dipayudara, kenapa pentil payudara berbau, kenapa payudara bau asem, csra hilangkn bau tk sedap karena kanker payudara, cara menghilangkan bau pada puting payudara, puting susu berbau tidak sedap
Ciri-ciri dan Penyebab Kanker Payudara Serta Obatnya | Linda | 4.5